Friday, January 22, 2016

Udang Kuah Jamur


Bismillah...
Udang kuah jamur ini salah satu menu yang sering saya buat, ini adalah salah satu menu favorit anak-anak. Jamurnya bisa pakai jamur apa aja, yang sering saya pakai adalah jamur kancing dan jamur tiram. Kadang saya buat minim kuah, di lain waktu saya buat lebih berkuah seperti kali ini. Walau bumbunya sederhana tapi hasilnya gurih. Udang dimasak apa aja selalu enaak...tidak perlu MSG apapun, masakan yang mengandung udang sudah pasti sedaap. 

Udang bisa jadi MSG alami lho, kepala dan kulit udang sering saya rebus, kaldunya bisa dipakai untuk macam2, untuk kuah mie, sup, dll. Kadang kala saya mbikin nasi goreng, pakai bumbu udang yaitu udang kupas saya uleg bersama bumbu halus, jadi lebih gurih. Atau kalau tidak ada udang segar, bumbu halus nasi gorengnya saya uleg bersama ebi (udang kering). Juga aneka  masakan kuah bersantan, seperti lodeh, kuah lontong sayur, bumbunya jadi lebih sedep kalau ditambah ebi. Bisa buat apa aja pokoknya, saya selalu nyetok ebi dan juga teri medan yang setengah kering. keduanya adalah MSG alami, bisa diuleg bersama aneka bumbu masakan atau langsung dicemplungin ke aneka tumisan, kuah sayur dll, dijamin sedaap ^^




Udang Kuah Jamur

Bahan-bahan :
500 gr udang, cuci dan kupas bersih
250 gr jamur kancing, cuci dan potong-potong
750 ml air
1 siung bawang bombay
3-4 sdm kecap manis
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya

minyak untk menumis

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan jamur, tambahkan air.
Setelah mendidih masukkan udang, tambahkan kecap manis, merica bubuk, jahe bubuk, gula dan garam secukupnya.
Didihkan kembali, masak hingga udang matang dan jamur empuk, koreksi rasanya.
Angkat dan sajikan.


3 comments:

  1. Mba itu kuahnya bisa merah gitu gimana ya? Ga dikasih cabe2an gitu kah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak pakai cabe Mbak...saya biasanya cuci bersih udang baru dikupas. Merah nya karena udang nya itu sendiri, bagian Kepala udang nya biasanya kan mengandung cairan yang berwarna kemerahan. Plus kecap aja.
      Efek foto juga kali ya...jadi keliatan merah banget hehe

      Delete
  2. Mbak salam kenal, fotonya cantik-cantik, kalo boleh tau pake kamera dslr kah? Sy baru mulai bljr food photography tp hanya pakai kamera pocket saja..

    ReplyDelete